Pernikahan Kurang dari 100jt

26 Januari 2019, hari dimana aku dan dia mengikat janji

Tidak pernah terpikir akan menikah secepat ini, tapi ternyata

“perkataan adalah doa” itu adalah sebuah kebenaran

Tidak akan bercerita bagaimana pertemuan ku dan dia dalam postingan ini, aku lebih tertarik menceritakan persiapan pernikahan Kita, karena entah kenapa aku bangga dengan acara pernikahan ini, tidak sedikit yang berpikir bahwa pernikahan Kita menghabiskan beratus-ratus juta. Memang hampir mencapai angka 100 tapi belum, haha

Sebelum mempersiapkan pernikahan ini, aku sering membaca thread di twitter mengenai persiapan nikah. Banyak juga yang menceritakan pernikahannya kurang dari 50jt, 80jt. tapi selalu ada yang mengganjal dari cerita mereka, mengganjal karena tidak sesuai dengan kondisi kita.

Jujur, aku menghindari pernikahan di rumah, menghindari masak sendiri sekalipun keluarga Aldi menyanggupi, menghindari merepotkan keluarga, karena hari itu harusnya menjadi hari bahagia semua anggota keluarga, sangat menghindari musingin orang. Jika pasangan aku tidak menyanggupi mengadakan resepsi, tidak pernah menjadi masalah bagiku. Beruntungnya aku bertemu kamu yang menginginkan sebuah resepsi. (walaupun kamu awalnya bilang gak usah ada resepsi, tapi selalu ngomongin konsep resepsi pernikahan, jadi ku berpikir kamu menginginkannya ditambah keluargaku yang ternyata menginginkan sebuah resepsi)

Kurang lebih 4 bulan waktu persiapan pernikahan ini. Alhamdulillah dimudahkan. tidak sedikit teman yang bertanya-tanya mengenai pernikahan aku dan habis berapa dan banyak yang bertanya harus mulai dari mana

SO, here is the steps that i did:

  • Bikin list

Biar gak bingung mulai dari mana, list dulu dong apa kebutuhan kalian. Beserta budget maksimal ya, budget bisa ditentuin dengan lihat-lihat random dulu aja. Tentuin jumlah tamu yang akan diundang, awalnya aku mikir pernikahan aku akan private, dengan jumlah tamu 300, ternyata Aldi berpikir lain, dia mikirnya 300 undangan yang berarti sekitar 600-700 tamu. Bikin list ini harus berdua ya! biar gak miskom dan bicarain semuanya bareng-bareng, tapi kalo aku saranin sih berdua aja jangan terlalu banyak orang yang ikut campur, maksimal berenam lah ditambah orang tua. Kebetulan keluarga aku cuma ibu yang cerewet dan keluarga Aldi sama sekali gak ikut campur, cuma kita kasih update-update aja persiapan udah sampe mana.

  • Gedung (Budget : 10jt, Realita : 13jt)

Kita sepakat untuk mencari Venue outdoor, kenapa? kalo aku sih karena entah kenapa kalo ngeliat nikahan digedung itu rasanya sumpek, berantakan dan kotor, oh ya ditambah dulu aku mikirnya kalo outdoor itu akan lebih murah dari pada dihotel. kalo Aldi mungkin karena biar romantis aja, haha.

Liat-liat di internet venue outdoor bandung tapi yang keluar itu-itu aja membuat aku jadi putus asa karena harganya juga cukup mengejutkan. Akhirnya Aldi ngajak aku untuk survei langsung ke beberapa tempat. Selesai survei, kita rencana ketemu temen SMAnya yang adalah seorang photographer dan Aldi pengen pake dia diacara nikahan nanti biar harganya bisa di goyang katanya. Ketemu disebuah Cafe yang ngebuat kita terpesona, niatnya nego photographer eh jadinya dapet photographer dan vanue. *alhamdulillah

Nah disini awalnya kita masih buta banget tentang apa aja yang perli diperhatiin saat booking vanue tapi setelah diskusi banyak sama si photographer dan penjaga cafe, kita jadi ngerti bahwa ada hal-hal yang perlu jadi pertimbangan.

Pertama, dalam satu hari vanue menyanggupi berapa acara nikahan? sebisa mungkin cari yang sehari satu acara, jadi gak perlu gantian sama orang atau diburu-buru suruh udahan.

Kedua, kalo nikahan outdoor, kalian harus siapin juga tenda kalo-kalo hujan datang, nah vanue kita ini alhamdulillah udah include indoornya jadi gak perlu sewa tenda lagi

Ketiga, Daya listrik. ini penting banget untuk menunjang nikahan, karena dari setiap unsur nikahan itu pasti butuh pemakaian listrik. kalo dayanya kecil, kalian akan ada pengeluaran lebih untuk sewa jenset.

Keempat, Kapasitas Vanue. jangan terlalu ngepas karena harus mempertimbangkan adanya dekorasi dan jangan terlalu berlebih biar gak keliatan sepi banget nikahannya

setelah dapet gedung yang cocok, kita akan tau tanggal nikahan. Ini karena aku dan Aldi sepakat semua hari baik jadi gak perlu nentuin tanggal-tanggal, ikutin gedung bisanya kapan aja. haha.

  • Catering (Budget: 51ribu / pax, realita: 61ribu/pax)

Tes Food sana sini adalah hal paling menyenangkan dari persiapan pernikahan dan dari sini juga Aldi ngajarin aku untuk jadi komentator makanan. Yup, harus bisa sensitif sama makanan yang enak dan yang gak enak. Dari yang awalnya mikir makanan nikahan mah gitu-gitu aja, sampe setelah nyobain beberapa jadi tau bedanya. Ada yang buffetnya enak, stall nya kurang atau sebaliknya. Ada yang harganya mahal, tapi porsinya dikit. Oh iya, disarankan kalo tes food mendingan langsung dinikahan jangan yang dikirim dan dibuat kusus untuk tes food, biasanya rasanya jadi beda, katanya.

Setelah nyobain beberapa vendor, akhirnya jatuh hati sama ivory signature, kenapa? karena pertama enak, harga masih masuk budget, dan tetehnya baik sekaliiiiiiiiiiiiiiiiiiii. Ngasih banyak banget gratisan sampe gratis WO dong !! Katanya sih karena vendor ini baru, jadi masih banyak banget promo. Oh ya ditambah lagi salah satu temen ku ada yang pake vendor ini, jadi kita udah tau gimana rasanya pas tes food maupun pas acara nikahan dan rasanya gak berubah, tetep enaaak.

Oh iya, kita sempet udah mau dp salah satu vendor tapi karena merasa kurang dilayani, jadi kita beralih.

beberapa pertimbangan saat milih vendor catering selain rasa:

  1. Menu makanan: kata ibu minimal di buffet harus ada ayam, ikan, daging dan sayur
  2. Jumlah food stall
  3. Pilihan menu food stall

setelah mencoba sana sini dan lihat-lihat menu, akhirnya aku dan Aldi memutiskan untuk ambil paket yang Rp 61.000/ pax dan kita pesen 700 pax.

  • Decoration

Biasanya vendor catering adalah vendor dekorasi juga, nah karena ivory kalo pake catering dan dekornya didiskon 50% otomatis kita ambil dong dekorasi dari vendor ini dan kebetulan katanya dekor ivory ini bagus kalo untuk outdoor, pas banget sama kita yang emang ngambil tema outdoor. Jujur sih waktu milih ini gak banyak pertimbangan, aku cuma ngeliatin satu dekorasi yang aku pengen, dan mereka nyanggupin jadi ya udah aku ambil aja. Sebenernya kalo dirinciannya ada detailnya sih dapet apa aja di dekor itu, tapi karena aku gak ngerti istilah-istilahnya jadi aku iya-iya aja.

beberapa hal yang aku inget menyangkut dekorasi:

  1. Panggung Pelaminan
  2. Panggung band
  3. Tenda

3 hal ini harus dipastikan include atau gak, kemarin itu pelaminan aku udah tersedia dari venue jadi gak terlalu banyak dekorasinya, panggung band ternyata gak include tapi untungnya bisa disiasati dengan dikasih floring aja dan untuk tenda aku gak pake karena venue udah semi indoor

oh iya ada lagi, yaitu photo both dan photo galery, biasanya ini udah include sih.

lupa pastinya untuk harga dekorasi ini berapa, pokoknya total untuk vendor ini RP. 50juta (include dekorasi, ketring dan WO)

  • MUA + Attire (Rp 8.5jt)

Mencari MUA adalah hal yang sangat bikin pusing, aku dan aldi sepakat untuk menekan biaya di makeup, karena aku sendiri gak suka dandanan berlebih, keseharian aku gak pernah dandan jadi makeup simple aja udah bikin orang pangling liat aku. Aku pikir, make up natural akan membuat tarif MUA tidak melejit, ternyataa… aku salaaaah 😦

pertama nanya MUA langsung terkejut karena harganya yang full paket itu 17juta,yang paling murah itu 8juta dan itu cuma dandanin pengantin dan baju pengantin, dari situ langsung bikin aku putus asa banget, sampe mikir untuk nyari MUA pas aku wisudaan aja, 200ribu udah bikin semua orang pangling dan banyak yang bilang bagus banget make up nya. Akhirnya aku mencari di IG dengan keyword #makeupgraduation dan muncul lah MUA ku tersayang ini yaitu @fuzyjojo_MUA, perama liat IG nya agak gak yakin dan masih berusaha cari yang lain sambil konsultasi ke temen deket aku, dan dia nyebut jojo itu, akhirnya aku teringat lagi dan langsung aku kontak dong dan harganya sangat terjangkau, yaitu Rp 3.5 juta itu udah paket komplit. Alhamdulillah.

Pertimbangan saat milih MUA selain harga:

  1. Produk : pastiin produk yang digunakan gak bikin gatel muka, karena aku jarang dandan jadi gampang gatel kalo kena make up yang aneh-aneh, tes make up itu sangat penting nah setelah tes make up cobo dipake buat nangis, luntur atau gak, nge krek atau gak.
  2. pastiin make up nya akan bikin PEDE nampang seharian di depan banyak orang, jadi pusat perhatian
  3. pastiin paketnya udah include apa aja
  4. pastiin harga nambah untuk makeup keluarga berapa per orangnya, karena saat hari H datang suka tiba-tiba banyak yang minta di make up in.
  5. bikin list keluarga yang akan di make up juga penting biar gak membludak

untuk attire, aku minta saran dari Jojo dan diberikan saran untuk ke @danyconcetta nah karena aku booking lewat MUA aku jadi aku dapet harga spesial gitu. Cukup banyak artis yang pake attire dari danyconcetta ini loh, karena emang bajunya bagus-bagus tetehnya juga pada baik banget, sabar dicerewetin para ibu-ibu kita.

  • MC (Rp. 700rb)

untuk MC, karena cukup banyak temen yang bisa nge-MC jadi aku nyari dari temen aja.

hal yang harus diperhatikan :

  1. kalo nikahan pake adat, pastiin MC bisa atau gak, harga yang dikasih udah include sama upacara adat belum
  2. cari MC yang gokil kyk kak @ijolgici, biar acaranya rameee
  • Entertain (Rp 4.5jt)

tidak kalah penting, entertain adalah penunjang utama untuk menciptakan suasana yang diinginkan.santai, hagat dan kekeluargaan adalah hal yang ingin kami ciptakan dipernikahan ini, menikmati makanan dengan diiringi musik akustik, layaknya disebuah cafe. aku dan aldi adalah dua orang yang senang bernyanyi, walaupun suara kami tidak bagus dan musik akustik selalu berhasil membuat kamu betah berlama-lama disebuah cafe atau restoran itu sebabnya kami memutuskan untuk mencari band dengan formasi akustik. selain itu, walaupun suara kami tidak bagus kami ini doyan sekali mengkritik suara vocalis, gak mau yang nyanyinya lebay, gak mau yang bahasa inggrisnya belepotan dan lain-lain.

sampai ketemu lah salah satu band yang kita dengar dipernikahan salah satu teman aldi dan kita minta contak mereka, tapi sayangnya sebulan sebelum acara pernikahan band ini mengundurkan diri karena pada tanggal yang sama mereka harus pergi keluar negri dan menawarkan sebuah band bernama @vivandomusic, langsung lah kita cek IG mereka, dan jatuh hati dengan suara tetehnya *maap gak tau namanya

oh iya jangan lupa untuk memastikan harga sudah termasuk sound system atau belum, dengan harga segitu, band ini sudah termasuk soundsystem.

  • Documentation (Rp 8jt)

jaman sekarang pasti gak sedikit temen kalian yang jadi photographer, nah temen deket aldi kebetulan berprofesi sebagai photographer. alhamdulillah dapet paket lengkap dengan harga segitu. gak ada pertimbangan kusus karena emang ini sahabatnya dia banget, jadi percaya aja sama kualitasnya dan alhamdulillah tidak mengecewakan.

  • KUA (Rp 600rb)

Hal paling penting dalam pernikahan! dari acara tunangan aku dan aldi udah ditakut-takutin gak kebagian penghulu, karena itu kita udah daftar dari H-3 bulan, gapapa laf ya dari pada kelupaan, haha.

bayarnya Rp 600.000 tapi tetep ngasih transport untuk penghulunya, sebenernya nikah di KUA gratis sih kalo weekday paling kasih transport doang, malah kalo nikahnya di KUA gak udah ngeluarin biaya apapun katanya.

  • Invitation and Souvenir (Rp 4.8jt)

undangan dan souvenir adalah hal terakhir yang kita siapin, jadilah undangan terlambat disebarin.

di Bandung banyak banget tempat peretakan, aku dan Aldi mengususkan satu hari untuk nyari percetakan dan tempat souvenirl tapi alhamdulilah gak susah untuk kita dapetinnya. untuk mendukung tema rustic aku milih undangan berwarna coklat, undangan super simple dan hanya terdiri dari 2 halaman. bikin e-invitation sendiri pake blog ini biar hemat. Untuk souvenir awalnya pengen kaktus tapi tidak di acc oleh ibu maupun aldi, mau biji kopi pun sama tidak di acc, akhirnya bikin gantungan STNK.

Jumlah undangan 300 souvenir 400, dan ternyata souvenirnya kurang. haha

kalo ditotal kurang lebih Rp 91jtan

alhamdulillah

dengan harga segitu aku mendapatkan acara pernikahan yang sangat sangat melebihi ekspektasi aku, sangat puas dengan semuanya.

WO yang sangat profesional, dekor yang sangat indah, ketring yang foodstallnya cukup banyak dan makananya enak-enak,makeup yang sangat sangat memuaskan, MC yang rame dan baik banget, band yang asik banget nyanyinya, dokumentasi yang keren banget. ah pokoknya sangat puas dan bahagia hari ituuu.

kalo kepo kayak apa pernikahan aku, biasa liat-lit fotonya di IG aku @diniharum yaa

 

 

Iklan

2 pemikiran pada “Pernikahan Kurang dari 100jt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s